10 Cara Menjadi Dropshipper Dalam Bisnis Online Untuk Pemula

Cara menjadi dropshipper merupakan salah satu bisnis online yang sedang ramai dilakukan saat ini. Bagi anda yang ingin berbisnis namun tidak memiliki produk sendiri tanpa harus mengeluarkan modal banyak. Ada banyak keuntungan menjadi seorang dropshipper yaitu anda tetap bisa berjualan tanpa harus memiliki stok barang. Cara menjadi dropshipper  bisa dilakukan oleh siapa saja seperti ibu rumah tangga, pelajar, mahasiswa, ataupun karyawan. Anda tidak perlu mengurus bagian pengiriman orderan kepada si pembeli karena tugas anda sebagai dropshipper hanyalah menawarkan produk si produsen kepada pembeli.

Bagi anda yang mempunyai keterbatasan modal maka bisnis dropship bisa menjadi peluang usaha. Ada 3 pihak yang terlibat di dalam bagian perputaran bisnis dropship yaitu si pemilik barang (produsen), pengecer (dropshipper) dan si pembeli (customer). Si pengecer yang di maksud adalah dropshipper atau orang yang ikut menawarkan atau menjual barang si produsen kepada si pembeli. Apabila antara si dropshipper dan pembeli terjadi transaksi penjualan, maka yang akan mengirimkan barang kepada si pembeli dari pihak pertama (produsen).

Contents

Apa sih pengertian dropship?

Pengertian dropship ialah tekhnik penjualan dimana penjual tidak memiliki stok barang, dan apabila si penjual mendapatkan orderan maka penjual akan meneruskan pesanannya ke produsen atau supplier . Lalu dari pihak pertamalah yang akan mengirimkan orderan tersebut ke si pembeli menggunakan atas nama atau toko anda. Dengan cara seperti ini, maka seolah-olah anda mempunyai toko pribadi dengan stok yang lengkap namun tidak banyak modal yang dikeluarkan. Cukup mempunyai sosial media seperti facebook, instagram, shopee, tokopedia dan lainnya serta kuota intenet untuk mengupload jualan anda.

Cara menjadi dropshipper  untuk pemula

Walaupun dropship dikatakan sebagai bisnis yang bisa dikerjakan oleh siapa saja dengan modal yang sangat kecil, namun menjalankan bisnis dropship tidaklah mudah. Ada beberapa tantangan yang tentunya akan anda hadapi cara menjadi  dropshipper seorang seperti jadwal pengiriman barang ataupun komplain dari si pembeli karena produk yang dijual tidak sesuai dengan foto. Inilah beberapa cara yang harus anda perhatikan untuk menjadi dropshiper pemula, yaitu:

1. Pastikan anda mempunyai akun sosmed untuk berjualan

dropshipper kerudung hijab murah

Karena bisnis dropship ini mencakup bisnis online, maka untuk memulainya anda harus memiliki sarana untuk berjualan. Anda bisa memanfaatkan sosial media yang berkembang saat ini seperti facebook dan instagram. Anda cukup membagikannya di timeline dengan kata-kata yang menarik minat si calon pembeli

2. Buka toko online di market place

Cara menjadi dropshipper

Tak hanya di sosial media, anda juga harus memperluas toko online anda di market place yang sedang terkenal dan banyak di cari orang saat ini. Seperti shopee, Tokopedia. Buka lapak, Lazada, dll. Kelebihan lain berjualan di market place anda bisa membagikan jualan anda secara langsung memlalui link yang terhubung dengan sosial media.

3. Tentukan produk apa yang ingin anda jual

Cara menjadi dropshipper

Setelah memiliki toko online di market place dan sosial media, langkah selanjutnya yaitu menentukan produk apa yang ingin anda jual. Hal ini biasanya yang paling membingungkan, berikut ini ada beberapa syarat yang harus anda pertimbangkan sebelum mengambil keputusan produk apa yang akan anda jual:

  • Jangan menjual terlalu banyak produk

Bagi anda yang pemula dalam bisnis online dan cara menjadi dropshipper sebaiknya focus dalam 1 sektor bisnis terlebih dahulu. Tujuannya agar brand bisnis anda di mata para customer lebih maksimal. Lagipula semakin banyak produk yang anda jual maka semakin banyak pula kompetitor  yang nantinya membuat anda kesulitan untuk memenangkan persaingan pasar.

  • Spesifik

Agar lebih fokus dalam pemasarannya, di tahap ini kita lebih mempersempit jangkauannya. Lebih fokus dalam hal pemasaran, penjualan, sumber daya, kompetitor, dan berbagai faktor lainnya. Contohnya seperti jangan menjual hijab, tapi jualah hijab segiempat bahan maxmara dengan motif bicycles

  • Berkelanjutan dan tahan lama

Agar usaha bisnis online anda bisa bertahan lama, maka pilihlah produk yang akan selalu di cari oleh konsumen. Sebaiknya hindari menjual produk yang bersifat sementara atau hanya sedang trend saja. Lihatlah kebutuhan para calon customer anda yang biasa mereka gunakan sehari-hari.

  • Tingkat minat si pembeli yang tinggi

Pilihlah produk yang bermanfaat dan benar akan digunakan oleh calon pembeli. Pertimbangkan faktor tingkat permintaan para calon customer apa yang mereka butuhkan dan apa yang mereka inginkan. Apabila produk yang anda jual merupakan kebutuhan sehari-hari maka artinya tingkat minat si pembeli kepada produk yang anda jual akan semakin tinggi

  • Awet/Tidak mudah rusak

Sebagai dropshipper artinya anda akan menjual produk secara online dimana target market bisa saja berasal dari luar kota. Oleh karena itu, jauhilah produk yang mudah rusak selama proses pengiriman. Namun anda bisa memastikan kepada supplier anda untuk mengemas orderannya dengan sebaik mungkin agar barang sampai dengan selamat kepada si pembeli. Sehingga aman tidak terjadi kerusakan, dan pembeli pun merasa puas.

  • Legal

Bagi anda pemula di dunia bisnis online berhati-hatilah dalam menjuall suatu produk khususnya di negara Indonesia. Pastikan produk yang anda pilih untuk dijual lagi sudah secara resmi terdaftar/legal. Tentunya anda tidak mau kan apabila barang yang anda jual menimbulkan masalah atau konflik karena dinilai melanggar aturan apalagi memiliki unsur ponografi

  • Pilihlah produk simpel dan praktis

Jika anda ingin cara menjadi dropshipper pililhlah produk yang simpel, mudah untuk dikirim dan berukuran kecil. Hindarilah menjual produk produk yang rumit degan biaya mahal saat pengiriman jauh keluar kota. Anda bisa cara menjadi dropshipper  jualan baju gamis ibu dan anak, hijab, aksesoris, makeup,makanan,serta minuman, dll.

4. Dapatkan supplier yang tepat

Cara menjadi dropshipper

Meskipun anda menjadi dropshipper , namun kualitas produk yang akan anda jual juga harus diperhatikan. Agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan seperti cacat produk saat pengiriman atau jumlahnya tidak sesuai dengan yang di pesan. Oleh sebab itu anda harus benar-benar mempunyai supplier  yang bisa dipercaya. Jika anda sudah mempunyai supplier  yang terpercaya, memiliki nama dan reputasi yang bagus karena cara menjadi dropshipper  tentu saja nama baik dan toko anda dipertaruhkan.Berikut ini syarat supplier yang baik:

  • Fast response

Sebagai dropshipper online mendapatkan respon yang cepat tanggap dari si supplier merupakan hal yang penting.

  • Harga yang diberikan murah

Jika dibandingkan dengan supplier lain, harga yang diberikan untuk anda dropshipper lebih murah. Apalagi jika mereka memiliki sistem yang memberikan keuntungan khusus untuk dropshipper seperti di Anez Collection

  • Kualitas produk terjamin

Untuk menjaga brand image pada usaha online anda ini merupakan hal penting untuk diperhatikan. Pastikan produk yang supplier anda jual memiliki kualitas yang bagus dan terjamin

  • Memiliki stok barang melimpah

Mencari supplier yang memiliki stok barang melimpah sehingga calon pembeli anda tidak kecewa karena barang yang mereka pesan selalu ada.

  • Amanah dan terpercaya

Mencari supplier yang amanah dalam artian barang yang dipesan oleh calon pembeli anda benar akan dikirimkan ke mereka. Dan sebagai dropshipper mereka juga harus amanah dan terpercaya untuk menyantumkan nama toko anda sebagai pihak pengirim. Ada banyak supplier nakal yang suka merebut pelanggan anda dengan menyelipkan kartu nama atau bahkan saat pengiriman tetap menggunakan atass nama toko mereka.

5. Tentukan target market siapa yang akan membeli produk

Cara menjadi dropshipper

Apabila anda sudah menentukan produk apa yang akan anda jual, lalu selanjutnya menentukan siapakah target market yang anda incar. Tentukanlag target market secara spesifik mulai dari umur , jenis kelamin, hobi, atau hal lain yang dapat digunakan untuk promosi. Langkah ini sangatlah penting karena dengan mengetahui target market, anda dapat lebih fokus untuk memasarkan produk sesuai dengan identitas mereka.

6. Menganalisa kompetitor

Cara menjadi dropshipper jilbab hijab kerudungan murah

Jika ternyata produk yang anda jual memiliki sedikit sekali kompetitor  “raksasa” namun kompetitor  dari produk dan target masih berskala kecil menengah.  Tetap saja anda tidak boleh menganggap remeh atau mengabaikannya begitu saja. Perhatikan bagaimana cara mereka melakukan pemasaran, apa yang benar apa yang salah, dan bagaimana cara mengatasinya. Bandingkan pula antara kompetior  satu dengan kompetitor lainnya. Kenapa si pelanggan lebih memilih kompetitor A dibandingkan kompetitor B serta media apa saja yang mereka pergunakan.

“Catat 5 kompetitor terbesar anda , apa saja keunggulan dan kelemahan mereka serta bandingkan dengan brand yang akan anda buat nanti. Temukan cara anda mengatasi keunggulan mereka agar dapat bersaing dan memenangkan persaingan. Gunakan kelemahan mereka sebagai bahan  untuk belajar dalam usaha anda

7. Tentukan harga jual

Cara menjadi dropshipper hijab murah

Untuk anda dropshipper online, jangan terlalu mengharapkan punya profit yang tinggi. Profit yang bisa anda ambil sekitar 10-20% sudah lebih dari cukup dari setiap produk yang anda jual. Alasannya karena anda tidak mengeluarkan modal untuk membeli produk terlebih dulu, hanya modal dari segi pemasaran saja. Analisa harga jual dipasaran dan jangan bersedih jika ada kompetitor lain yang menjual dengan harga lebih murah.

8. Menentukan identitas brand

Brand hijab terbaru

Tak hanya sekedar logo, desain, dan nama, Brand merupakan pengalaman pelanggan ketika mereka melakukan bisnis atau membeli dengan sebuah perusahaan. Sedangkan identitas brand untuk menunjukkan seperti apa brand yang anda punya. Agar memiliki identitas brand yang kuat anda dapat memberikan emosi.gaya dan nilai tersendiri kepada para pelanggan.

9. Memilih nama brand

brand hijab terkena

Untuk membuat brand lebih kuat, maka pemilihan nama brand yang tepat juga mempengaruhi. Nama brand akan terus meleka selama kita membuka usaha kecuali anda ingin membuat brand baru yang lain. Pemilihan nama brand sebaiknya jangan dilakukan sembarangan. Berikut ini tips dalam memilih nama brand yaitu:

  • Hindari penggunaan nama brand yang pasaran atau sering dipakai
  • Pilih brand yang belum dipakai oleh orang lain
  • Hindari penggunaan nama brand yang pasaran atau sering dipakai
  • Sebaiknya jangan menggunakan singkatan
  • Pilih nama brand yang berani beda

 10. Jauhkan diri dari mental pasrah dan mudah menyerah

Dalam menjalankan sebuah usaha, termasuk bisnis dropship kita harus menjauhkan diri dari mental pasrah dan gampang menyerah. Yang di maksud mental pasrah dalam artian jika anda yang membeli bersyukur, dan jika tidak ada yang membeli ya pasrah. Mental seperti ini yang menjadi membuat usaha kita tidak berkembang. Karena sebagai seorang pembisnis termasuk dropshipper kita harus mempunyai target pencapaian.

Keuntungan menjadi dropshipper

Cara Menjadi dropshipper

Bagi anda yang ingin berbisnis online tanpa mengeluarkan modal banyak, dan ingin mencoba bisnis online sebagai dropshipper. Di Anez.collection memiliki berbagai macam fashion hijab dari segiempat, pashtan, dan aneka khimar kualitas terbaik dengan harga terjangkau. Anez Collection menerima reseller dan juga dropshipper. Berikut ini beberapa keuntungan apabila anda menjadi dropshipper di Anez Collection, yaitu:

1. Potongan harga spesial khusus dropshipper

Bagi anda yang bergabung menjadi dropshipper di Anez.collection akan mendapatkan harga spesial. Potongan harga per hijab akan kami berikan.

2. Dropship tanpa modal

Menjadi dropshipper di Anez.Collection anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk stok hijab. Karena semua barang ready stok ada di kami. Anda tidak perlu mengeluarkan biaya seperti reseller yang diharuskan membeli. anda bisa menjual semua produk kami selama ready stok

3. Hanya memerlukan media sosial dan market place

Berbisnis dropship tidak perlu menyewa toko atau gudang, anda cukup memasarkannya via media sosial dan market place.

4. Tak perlu repot mengemas dan mengirim orderan

Enaknya bisnis dropship, selain tidak banyak biaya yang dibutuhkan. Anda juga tidak perlu repot untuk mengemas dan mengirim orderan karena kami yang akan melakukannya. Dari packing orderan hingga bagian kirim melalui expedisi menuju alamat customer anda.

5 .Semua orderan dikirim atas nama anda

Tak perlu khawatir saat dropship nama anda/toko anda yang akan kami cantumkan sebagai pihak pengirim, sehingga pelanggan atau pembeli anda tidak akan mengetahui supplier aslinya.

6. Bebas menentukan harga jual tersendiri

Di Anez.Collection anda bebas dapat menentukan harga jual tersendiri. Tidak ada harga patokan yang kami khususkan.

7. Anez Collection menggunakan foto asli

Semua produk hijab Anez.collection menggunakan real pic ya karena owner sendiri yang jadi model foto. Sebagai cara menjadi dropshipper anda bisa langsung membagikannya foto produk kami di toko online anda.

8. Fast response

Hal yang terpenting dalam berbisnis online ialah tanya jawab yang cepat. Tak usah khawatir di Anez.Collection kami fast fast response untuk menanyakan stok barang, resi dll

9. Amanah dan terpercayatestimoni hijab

Tak usah khawatir Anez collection selalu amanah dan terpercaya untuk mengirimkan orderan sampai ke tangan customer. Silahkan cek ig kita untuk melihat beberapa testimoni

10. keterangan bahan dan warna lengkap

Di setiap model hijab selalu dicantumkan keterangan bahan, serta pilihan warna yang tersedia. Jadi anda hanya perlu copas saat menjualnya lagi.

Jika anda tertarik segera cek ig Anez.Collection atau hubungi kami di :
?WA: 0895-0214-0877
?line: @wra0421d (pakai @)