12 Tips Mempercantik Diri Dalam Islam Untuk Wanita Muslimah

Sebagai seorang wanita muslimah tentunya kita ingin tahu bagaimana tips mempercantik diri menurut islam. Agar terlihat cantik wanita muslimah tidak harus menggunakan perawatan dari luar seperti bolak balik ke salon kecantikan, memakai kosmetik mahal apalagi operasi plastik. Selain itu sebagai seorang muslim kita juga harus sangat berhati-hati apakah produk yang digunakan halal untuk kulit kita atau tidak. Untuk para wanita muslimah kecantikan tak hanya berasal dari wajah yang cantik saja, namun disertai akhlak yang baik pula. Karena kecantikan diri yang paling utama atau biasa disebut inner beauty.

Tips Mempercantik Diri Wanita Muslimah

Dalam islam mempercantik diri memang di sunnahkan karena Allah SWT Maha indah dan mencintai keindahan. Akan tetapi sebagai wanita muslimah kita harus memahami ada batasan-batasan untuk mempercantik diri. Islam mengatur banyak hal termasuk kecantikan untuk para wanita muslimah. Rahasia kecantikan alami pada dasarnya berasal dari kecantikan hati. Teruslah berusaha untuk memperbaiki hati, agar cantikmu memancarkan aura positif.

12 tips mempercantik diri dalam islam yang anda bisa lakukan dalam kehidupan sehari-hari, yaitu :

1. Berwudhu

Cara berwudhu wanita hijab

Berwudhu merupakan salah satu aktivitas yang dilakukan sebelum shalat sebagai penghilang najis dan menyempurnakan ibadah. Tak hanya itu, dengan berwudhu dapat mencerahkan wajah karena saat anda membasuh wajah dengan air wudhu kotoran dan noda pun luntur. Berwudhu juga mampu menghapus dosa-dosa oleh karenanya perbanyaklah berwudhu  seperti saat ingin keluar rumah dan sebelum tidur di malam hari. Beberapa penelitian mengungkapkan dengan berwudhu bisa membuat wajah cantik alami, nampak bersih, dan awet muda.

Dikatakan oleh Abu Hurairah ra :

“Aku mendengar Rasulullah SAW bersabda,” Sesungguhnya umatku dipanggil pada hari kiamat dalam keadaan ghurran muhajjilin (wajahnya bercahaya dan badannya bersinar) karena bekas berwudhu, maka barangsiapa mampu untuk memanjangkan ghurran hendaklah melakukannya.”

 (HR. Al-Bukhari dan Muslim)

2. Shalat Sepertiga malam / Tahajjud

Sholat tahajud

Melaksanakan shalat tahajjud memang tidaklah mudah karena dilakukan pada sepertiga malam terakhir sekitar pukul tiga waktu dini hari. Jam dimana saat kita tidur nyenyak sehingga terkadang malas dan lalai untuk menjalani ibadah sunnah yang satu ini. Padahal shalat tahajjud banyak memberikan manfaat pada hidup kita, tak hanya meningkatkan peluang agar doa kita cepat dikabulkan. Tapi membuat aura dari wajah terpancar dengan indah. Dengan shalat tahajjud, wajah anda akan tampak bersih dan cerah tanpa harus menggunakan krim perawatan. Seperti sabda Rasulullah SAW:

“Barang siapa yang banyak menunaikan shalat malam, maka wajahnya akan terlihat tampan atau cantik di siang harinya”  (HR Ibnu Majah).

3. Membaca Al-Quran

Membaca Alquran

Dengan rajin membaca Al-Quran membuat jiwa menjadi tenang dan wajah berseri-seri seperti mendapatkan cahaya dari sang ilahi. Oleh sebab itu marilah membacanya setiap hari dengan ikhlas serta niat beribadah kepada Allah SWT. Dengan begitu kecantikan dalam diri kamu akan terlihat dan membuat orang lain yang melihatnya kagum.

4. Puasa Sunnah

Tata cara Puasa Sunnah

Tips mempercantik diri selanjutnya yaitu dengan berpuasa sunnah. Dengan berpuasa maka sel-sel dalam tubuh mengalami regenerasi atau peremajaan. Itulah sebabnya jika kita rajin berpuasa sunnah dapat mempercantik diri, membuat kulit kita menjadi bersih, lebih segar, cantik, dan terlihat awet muda.

5. Murah senyum

mempercantik diri

Senyum itu ibadah, para wanita yang wajahnya selalu dihiasi oleh senyuman selalu mendatangkan kesejukan di hati orang lain yang melihatnya. Jika dibandingkan dengan seseorang yang wajahnya selalu cemberut akan memberikan aura negatif dan terlihat menakutkan. Penelitan menyatakan bahwa dengan tersenyum bisa membuat kita awet muda serta  memancarkan kecantikan dari dalam hati. Tak hanya itu, dengan senyuman kita akan lebih mudah disayangi dan mendapatkan banyak sahabat.

Dari Abu Dzar ra dia berkata bahwa Rasulullah bersabda:

“Senyummu di hadapan saudaramu (sesama muslim) adalah (bernilai) sedekah bagimu”(HR. Tirmidzi dan Ibnu Hibban)

6. Jauhi perbuatan maksiat

Fashion Hijab

Perbuatan maksiat dapat membuat wajah seseorang menjadi gelap, hitam, dan kusam. Tak hanya itu, berbuat maksiat dapat menghilangkan kecantikan dari dalam jiwa dan fisik. Berbeda halnya dengan para ahli ibadah, kecantikannya terlihat natural dan wajahnya seperti bercahaya meskipun tanpa menggunakan makeup. Oleh sebab itu, jauhilah perbuatan maksiat jika anda ingin mempercantik diri.

7. Hindari sifat sombong, pemarah, dan penyakit hati lainnya

mempercantik diri

Secantik apapun wajah seseorang namun jika memiliki penyakit hati seperti sombong. Iri hati, atau dengki maka tentunya menghalangi kecantikan yang ada pada dalam diri. Penyakit hati membuat wajah menjadi gelap sehingga tak ada cahaya yang terpancar dari dalam diri. Hindarilah pula dari sifat gampang marah, penelitian menyatakan apabila seseorang yang sering marah bisa mengalami penuaan dini. Seperti hadis Rasulullah yang artinya:

“Sesungguhnya di dalam jasad ada segumpal daging. Jika ia baik, maka baik pula seluruh jasad tersebut. JIka ia buruk, maka buruk pula seluruh jasad itu. Ingatlah, bahwa ia adalah hati.”(HR. Bukhari)

8. Menutup aurat

Jual Hijab Grosir murah
Bergo Mutiara Laser by Anez.Collection

Islam mewajibkan para wanita muslim untuk menggunakan jilbab dan mengulurkannya hingga menutupi dada. Menurut ajaran islam, kecantikan seorang wanita hanya disimpan untuk suaminya, tidak untuk ditunjukkan kepada lelaki yang bukan muhrimnya. Dengan menggunakan jilbab, wanita telihat lebih cantik, anggun, terhormat sehingga bisa terhindar dari resiko pelecehan seksual dibandingkan dengan wanita yang membuka auratnya. Perintah untuk menutup aurat dijelaskan dalam firman Allah  SWT pada surat Al-Ahzab ayat 59 yaitu:

يَا أَيُّهَا النَّبِيُّ قُلْ لِأَزْوَاجِكَ وَبَنَاتِكَ وَنِسَاءِ الْمُؤْمِنِينَ يُدْنِينَ عَلَيْهِنَّ مِنْ جَلَابِيبِهِنَّ ۚ ذَٰلِكَ أَدْنَىٰ أَنْ يُعْرَفْنَ فَلَا يُؤْذَيْنَ ۗ وَكَانَ اللَّهُ غَفُورًا رَحِيمًا

“Hai Nabi, katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mukmin: “Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka”. Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak di ganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (QS AL ahzab :59)

Cek koleksi model jilbab terbaru di Anez.Collection. Kualitas oke dengan harga terjangkau.

9. Menjalankan pola makan sehat

makanan 4 sehat 5 sempurna

Tips mempercantik diri selanjutnya yaitu dengan menjalankan pola makan yang sehat. Di dalam islam seseorang dianjurkan untuk makan di saat lapar dan berhenti sebelum kenyang. Gunakan tangan kanan saat sedang makan, sambil duduk serta berdoa sebelum makan dan ingat jangan berlebihan. Mengonsumsi makanan halal juga akan mempengaruhi kecantikan terutama pada kulit anda seperti sayur dan buah-buahan serta perbanyak minum air putih sekitar 2-2,5 liter perhari.

10. Perawatan tanpa mengubah bentuk diri

madu kesehatan

Melakukan perawatan diri untuk wanita muslimah tidak dilarang dalam islam. Menggunakan makeup seperti bedak namun pastikan produk tersebut halal untuk kulit kita. Sebaiknya anda melakukan perawatan diri secara alami seperti menggunakan madu, minyak zaitun, susu untuk merawat kesehatan kulit. Ada satu hal yang harus anda perhatikan.

Islam melarang seseorang untuk merubah bentuk wajah ataupun tubuhnya. Seperti melakukan operasi plastik agar hidungnya terlihat mancung. Kegiatan mencukur alis, bertato, dan hal lain yang merubah ciptaan Allah SWT benar benar dilarang dalam islam. Diterangkan dalam surat An-nisa ayat 119 yaitu

وَلَأُضِلَّنَّهُمْ وَلَأُمَنِّيَنَّهُمْ وَلَآمُرَنَّهُمْ فَلَيُبَتِّكُنَّ آذَانَ الْأَنْعَامِ وَلَآمُرَنَّهُمْ فَلَيُغَيِّرُنَّ خَلْقَ اللَّهِ ۚ وَمَنْ يَتَّخِذِالشَّيْطَانَ وَلِيًّا مِنْ دُونِ اللَّهِ فَقَدْ خَسِرَ خُسْرَانًا مُبِينًا

dan aku benar-benar akan menyesatkan mereka, dan akan membangkitkan angan-angan kosong pada mereka dan menyuruh mereka (memotong telinga-telinga binatang ternak), lalu mereka benar-benar memotongnya, dan akan aku suruh mereka (mengubah ciptaan Allah), lalu benar-benar mereka meubahnya”. Barangsiapa yang menjadikan syaitan menjadi pelindung selain Allah, maka sesungguhnya ia menderita kerugian yang nyata. (QS. An-nisa 119)

11. Memakai pakaian yang bagus, sopan, dan sederhana

tips mempercantik diri

Untuk mempercantik diri islam tidak melarang wanita maupun lelaki untuk memakai pakaian yang bagus. Islam malah menganjurkan agar umatnya menggunakan pakaian yang rapi, sopan, indah dan sederhana. Karena dikhawatirkan apabila memakai pakaian yang berlebihan bisa menimbulkan sifat sombong dari dalam diri. Seperti sabda Rasulullah Saw :

“Sesungguhnya Allah indah dan suka keindahan. Sombong adalah menolak kebenaran dan meremehkan manusia.” (HR. Musliim)

12. Dzikir dan sholawat

hijaber dzikir

Perbanyaklah dzikir dan sholawat setelah melakukan ibadah shalat. Dengan begitu aura kecantikan akan terpancar dari dalam diri kita, serta bisa menambah pahala dan menghapus segala kesalahan dan dosa-dosa kita.

Untuk menjadi cantik tidak harus selalu menggunakan perawatan yang mahal. Tanpa disadari sebagai seorang muslim dengan beribadah kepada Allah juga membuka aura kecantikan secara alami. Semoga 12 tips mempercantik diri dalam islam di atas bisa bermanfaat bagi anda.