12 Tips Mudik Untuk Hijaber Agar Tampil Elegan, Nyaman, Dan Aman

Tips mudik untuk hijaber agar tampil elegan namun tetap nyaman dan aman sampai ke kampung halaman tercinta. Salah satu tradisi yang dilakukan oleh sebagian umat islam setiap menjelang hari raya Idul fitri ialah mudik. Banyak orang perantau yang bekerja di kota besar seperti Jakarta dan ingin pulang ke kampung halaman untuk berkumpul dan silahturahim bersama keluarga besar saat lebaran. Para pemudik ada yang menggunakan angkutan darat seperti mobil pribadi, bus, motor atau kereta namun ada pula yang menggunakan pesawat terbang maupun kapal laut.

Saat mudik baik menggunakan mobil pribadi, motor, bus, kereta, pesawat ataupun kapal biasanya akan memakan waktu perjalanan yang cukup lama. Apalagi yang menggunakan transportasi darat biasanya terjebak dalam kemacetan panjang yang selalu terjadi setiap arus mudik lebaran. Sebagai hijaber anda perlu memperhatikan beberapa hal saat hendak mudik ke kampung halaman, seperti menggunakan hijab yang nyaman. Tujuannya agar selama di dalam perjalanan menuju kampung halaman tidak merasa terganggu, apalagi jika mulai timbul rasa gerah yang bisa membuat anda merasa kurang nyaman.

Tips Mudik Untuk Hijaber Nyaman Dan Aman Menuju Kampung Halaman

Pulang ke kampung halaman hal yang paling dinantikan oleh para perantau. Perasaan bahagia ingin segera bertemu dan berkumpul bersama orang tua dan sanak saudara mengiringi anda selama perjalanan. Namun sebagai hijaber didalam perjalanan yang membutuhkan waktu berjam-jam tersebut anda juga perlu memperhatikan kenyamanan dan keamanan. Berikut ini beberapa tips mudik untuk hijaber agar tampil elegan, nyaman dan aman sampai tujuan, yaitu:

1. Gunakan Hijab Yang Nyaman

Tips mudik untuk hijaber

Hijab merupakan bagian terpenting didalam kenyamanan anda saat perjalanan menuju kampung halaman. Udara yang panas terutama bagi anda yang mudik menggunakan sepeda motor akan rentan berkeringat dan membuat kulit kepala anda merasa gerah. Gunakan bahan hijab yang nyaman seperti bahan poliester atau viscose yang mudah dibentuk dan nyaman dipakai selama perjalanan mudik. Selain itu, anda juga bisa memakai hijab instant agar hijab yang dipakai tidak mudah berantakan dan mudah untuk dirapikan.

Silahkan cek Anez.Collection untuk hijab model terbaru, kualitas terbaik dengan harga terjangkau, banyak pilihan motif serta model.

2. Pilihlah Bahan Baju Yang Menyerap Keringat

Tips mudik untuk hijaber

Tips mudik untuk hijaber yang kedua adalah memilih bahan baju yang gampang menyerap keringat. Sama halnya dengan hijab, pemilihan material baju yang anda pakai saat dalam perjalanan mudik juga perlu diperhatikan. Baju yang terbuat dari bahan katun dan linen cocok digunakan karena memliki daya serap keringat yang baik sehingga anda akan tetap merasa nyaman. Pilihlah atasan dengan warna-warna cerah agar penampilan anda saat mudik terlihat segar dan tetap fashionable.

Baca juga tips memilih pakaian muslim wanita gemuk .

3. Hindari Pemakaian Celana Jeans

Tips mudik untuk hijaber

Saat melakukan perjalanan mudik yang memakan waktu berjam-jam sebaiknya hindari pemakaian celana jeans. Celana jeans yang cenderung ketat bukan pilihan tepat jika anda gunakan selama perjalanan. Alasannya karena pemakaian celana jeans yang ketat selama berjam-jam akan membuat peredaran darah menjadi tidak lancar. Anda bisa menggunakan jenis celana model lain seperti jogger pants atau wide pants yang membuat tetap nyaman duduk maupun bergerak selama perjalanan mudik.

4. Serasikan Pakaian Muslim Dan Hijab

Tips lebaran cantik hijabers

Jika anda ingin menghemat kapasitas barang bawaan didalam koper atau tas yang anda bawa, bawalah pakaian muslim dan hijab yang telah diserasikan. Agar mudah bawalah pakaian dengan warna-warna netral sehingga dapat dipadu padankan dengan hijab apa saja. Misalnya membawa bawahan berwarna netral seperti hitam dapat diserasikan dengan dua atau tiga atasan sekaligus. Begitu pula dengan hijab yang anda bawa, bisa yang bermotif dengan berbagai warna yang senada dengan busana muslim ataupun hijab dengan warna netral.

5. Membawa Hijab Cadangan Dalam Kemasan Terpisah

hijab lebaran terbaik 2018

Bagi sobat fashion jilbab yang membutuhkan waktu lama dalam perjalanan menuju kampung halaman seperti lebih dari delapan jam. Sebaiknya anda membawa hijab cadangan dalam kemasan atau plastik terpisah sehingga saat dirasa hijab sudah mulai terasa tidak nyaman. Maka dengan mudah anda mengambilnya tanpa harus mengeluarkan seluruh isi pakaian dari dalam koper, Dengan mengganti hijab yang digunakan setelah lebih dari delapan jam akan membuat rambut dan kulit kepala anda lebih fresh dan terhindar dari bau yang tidak sedap.

6. Memakai Flatshoes

sepatu lebaran hijabers

Demi kenyamanan anda saat dalam perjalanan mudik lebaran, sebaiknya jenis sepatu yang anda pakai yaitu flatshoes. Bentuk flatshoes yang datar akan terasa lebih nyaman dipakai saat berpergian jauh jika dibandingkan menggunakan model sepatu dengan heels. Anda bisa menyimpan sepatu heels atau yang hendak digunakan saat lebaran didalam koper. Tapi jangan membawa sepatu terlalu banyak pula, cukup dua sepatu sehingga tidak akan membuat koper anda penuh.

7. Bawalah Outer Yang Berbeda

menggunakan outer saat lebaran

Jika di kampung halaman anda ingin tetap stylish namun terbatas karena jumlah busana yang dibawa sangatlah minim. Salah satu cara menyisiasati penampilan dengan membawa outer dengan jenis yang berbeda dengan maxi dress atau inner yang sama. Anda bisa menambahkan outer seperti blazer, cardigan, atau batwing sebagai lapisan luar. Dengan begitu penampilan anda akan tetap terlihat elegan. stylish dan tidak terlihat itu itu saja meskipun menggunakan dress yang sama.

8. Hindari Pemakaian Perhiasan Yang Mencolok

hijab yang cantik dipakai saat mudik lebaran

Saat hendak mudik ke kampung halaman terutama bagi anda yang menggunakan angkutan umum, sebaiknya hindari pemakaian perhiasan yang mencolok. Mudik lebaran bukanlah ajang untuk pamer kesuksesan di kota jadi lebih baik jika tetap tampil sederhana. Memakai perhiasan yang berlebihan dan mencolok akan mengundang orang untuk berbuat jahat seperti merampok. Jika memang ingin menggunakan perhiasan atau aksesoris sebaiknya simpan di dalam tas atau di tempat yang aman dari jangkauan dan sebaiknya dipakai setelah anda tiba di kampung halaman.

9. Waspada Akan Barang Bawaan Kita

hijabers libur lebaran

Saat musim mudik lebaran sudah pasti jika transportasi umum menjadi lebih padat dan ramai jika dibandingkan dengan hari biasanya. Perjalanan mudik yang memakan waktu lama dan cukup melelahkan terkadang membuat kita lengah akan barang bawaan yang dibawa. Terutama bagi ibu-ibu yang sedang menggendong anaknya kerap sekali tidak memperhatikan tas yang dibawanya terbuka. Selalu perhatikanlah barang bawaan yang anda bawa, taruhlah dekat dengan jangkauan kita dan apabila ingin tidur saat diperjalanan sebaiknya bergantian dengan suami atau saudara yang pergi bersama anda saat itu.

10. Bawa Perangkat Hiburan Pribadi

tips tetap cantik di kampung halaman

Perjalanan mudik sudah pasti akan menghabiskan waktu berjam-jam terutama bagi anda yang memilih menggunakan transportasi darat seperti mobil atau bus. Rasa bosan pasti akan menghampiri anda selama di dalam kendaraan, oleh sebab itu bawalah perangkat hiburan pribadi untuk menemani anda saat menuju ke kampung halaman. Seperti Handphone, Ipad, earphone untuk mendengarkan musik, atau buku dengan bacaan ringan bagi anda yang suka membaca, atau kamera DSLR bagi yang suka foto-foto. Jangan lupa untuk selalu membawa chargeran atau power bank di saat anda mudik agar tetap bisa melakukan aktifitas dengan gadget kesayangan anda.

11. Checklist Daftar Barang Bawaan

persiapan mudik lebaran hijabers

Sebelum anda berangkat untuk mudik, buatlah catatan pada buku, kertas, atau note di hp anda mengenai daftar barang-barang yang ingin dibawa. Dengan membuat catatan anda tidak perlu lagi khawatir jika nantinya akan ada barang bawaan yang tertinggal, serta bisa memprioritaskan bawaan mana yang utama untuk dibawa. Bawaan utama bagi hijabers biasanya peralatan ibadah seperti Al Quran dan mukena, make up (lipstik, bedak, eyeshadow,dll), perlengkapan mandi seperti handuk, shampoo, dan sabun, serta obat-obatan. Anda bisa mengulang dengan memberi checklist pada daftar barang bawaan yang telah anda buat tadi untuk memastikan tidak ada satu barangpun yang tertinggal.

12. Berdoa Sebelum Berangkat

Sebagai seorang muslimah sudah sepantasnya kita berdoa kepada Allah SWT agar diberi keselamatan sampai tempat tujuan. Penting bagi kita untuk selalu berlindung dan berserah diri kepada Allah ketika kita sedang di dalam perjalanan. Tips mudik untuk hijaber sebaiknya kita selalu mempersiapkan segala sesuatu dengan matang, karena kita tidak dapat mengetahui bahaya apa saja yang bisa menimpa saat sedang dalam perjalanan. Sebelum berangkat dianjurkan untuk membaca doa dibawah ini:

doa perjalanan saat pulang kampung

Semoga tips mudik untuk hijaber menuju kampung halaman aman, nyaman, dan sampai dengan selamat ke tujuan untuk berkumpul bersama keluarga tercinta.