7 Tips Naik Motor Hijaber Cerdas Agar Tetap Aman Dan Selamat

Tips naik motor hijaber akan fashion jilbab berikan untuk anda yang sering sekali menggunakan kendaraan beroda dua ini. Kemacetan lalu lintas di kota-kota besar merupakan hal yang sudah biasa dialami oleh warganya, baik itu saat siang hari dan juga pada malam hari. Bagi anda yang memiliki aktifitas padat dan terburu-buru menggunakan sepeda motor akan jauh lebih efisien dibandingkan membawa kendaraan mobil. Menggunakan sepeda motor saat macet akan lebih mudah untuk mengambil jalan dan celah yang sempit dimana kendaraan roda empat tidak bisa melewatinya.

Tidak hanya para lelaki sekarang ini para wanita pun dituntut untuk bisa mengendarai sepeda motor untuk melakukan berbagai aktifitas. Seperti berangkat bekerja, atau para ibu yang yang mengantarkan anak-anaknya ke sekolah, pergi ke pasar, dan aktifitas lainnya. Namun ada kalanya sebagai wanita berhijab kita sering sekali kesulitan saat mengendarai motor, banyak yang terjatuh dikarenakan bagian rok panjang terlilit di roda motor. Atau sering kali lampu sen tertutup oleh bagian kerudung yang panjang sehingga saat hendak berbelok tidak terlihat dari si pengendara lainnya.

Tips Naik Motor Hijaber Cerdas Agar Aman Berkendara

Bukan hanya kenyamanan, namun bagi para hijabers juga wajib untuk memperhatikan keamanan saat berkendara. Jangan sampai busana mulim atau hijab yang kita gunakan terlilit pada motor sehingga menyebabkan kecelakaan yang merugikan diri sendiri dan orang lain. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan bagi hijabers agar tetap bisa memakai busana muslimah panjang namun tetap aman tanpa khawatir bagian aurat terlihat. Berikut ini beberapa tips naik motor hijaber cerdas agar aman dan selamat berkendara sampai tujuan, yaitu:

1. Memakai Hijab Simple

tips naik motor hijaber

Tips naik motor hijaber yang pertama adalah dengan memakai hijab yang simple. Saat anda naik motor, gunakanlah hijab yang tidak beresiko tersangkut pada motor yang anda kendarai, ataupun menghalangi lampu sen pada bagian belakang. Penggunaan hijab instant dan segiempat memang paling aman dan simple untuk anda pakai, hindarilah memakai hijab model bertumpuk karena dapat menyulitkan saat menggunakan helm. Namun jika anda menggunakan hijab syar’i yang panjang sampai ke pinggang atau lutut pastikan hijab tidak terlilit pada sela-sela motor.

Caranya mudah, anda dapat melipat bagian hijab yang panjang dan menjepitnya dengan kedua kaki. Sehingga bagian yang panjang dan longgar tidak akan terbang saat tertiup angin. Dengan begitu hijab anda pun akan jauh lebih aman dan nyaman saat berkendara dan mengurangi resiko kecelakaan yang bisa terjadi.

Silahkan cek Anez.Collection untuk hijab model terbaru, kualitas terbaik dengan harga terjangkau, banyak pilihan motif serta model.

2. Hindari Memakai Busana Muslim Berlebihan

tips naik motor hijaber

Saat anda mengendarai sepeda motor maka kondisi keamanan sobat fashion jilbab harus diutamakan. Banyak terjadi kejahatan akibat dari si pengendara yang menjadi korban akibat lengah saat mengendarai motor. Menaruh tas di belakang, memakai perhiasan yang mencolok, dan busana yang berlebihan akan mengundang orang lain untuk berbuat jahat. Pakailah busana yang sewajarnya, gunakan jaket yang berukuran tebal agar tidak menerawang dan menghindari masuk angin.

Letakkan barang bawaan yang berharga ditempat yang aman seperti menaruhnya di dalam tas lalu taruh tas anda ke arah depan. Gunakan masker wajah untuk menghindari debu serta polusi selain itu agar wajah anda juga tidak terlihat oleh orang yang tidak baik. Dengan begitu, saat berkendara motor tidak akan mengundang perhatian orang yang jahat untuk merampok atau berbuat jahat terhadap anda.

3. Gunakan Pakaian Tanpa Resiko Tersangkut

tips naik motor hijaber

Menggunakan busana muslim syar’i untuk menutupi aurat seperti rok panjang dan juga gamis sering kali digunakan oleh para hijabers. Namun apabila anda ingin berpergian dengan sepeda motor, sebaiknya pertimbangkan ukuran rok atau gamis yang akan dipakai. Saat berkendara dengan sepeda motor sebaiknya jangan menggunakan pakaian yang terlalu panjang karena sangat beresiko tersangkut di roda motor. Solusi bagi yang sudah terbiasa memakai busana muslim syar’i bisa mengakalinya dengan menjepit bagian yang kepanjangan dengan kedua kaki anda.

4. Selalu Gunakan Dalaman Legging Atau Celana Panjang

hijaber naik motor

Selain menjepit pakaian kepanjangan dengan kedua kaki anda seperti diatas, ini juga bisa menjadi solusi bagi yang menggunakan rok atau gamis. Saat berkendara sobat fashion jilbab tidak mungkin selalu melihat kondisi rok atau gamis yang dikenakan. Apalagi saat jalanan lancar dan tertiup angin apakah bagian bawah pakaian anda aman atau tersingkap. Selalu gunakanlah dalaman seperti celana legging atau celana panjang untuk dalaman pakaian muslim anda agar aurat terjaga tidak akan terlihat tanpa di sengaja.

Dengan memakai dalaman berupa celana legging maupun celana panjang hal ini jauh lebih aman dan tetap syar’i. Kaki anda tetap terlindungi saat menyelipkan bagian rok atau gamis yang kepanjangan. Memakai dalaman legging atau celana panjang juga dapat melindungi kulit kaki dari sinar matahari dan debu.

5. Memakai Kaos Kaki

tipsnaik motor hijaber yang aman

Kaos kaki merupakan pelengkap busana muslim yang sering digunakan dalam berbusana syar’i. Dengan menggunakan kaos kaki saat berkendara motor akan menghilangkan perasaan khawatir karena bagian seluruh kaki anda sudah tertutup dengan sempurna. Karena kaki juga bagian dari aurat yang harus dijaga. Memakai kaos kaki saat naik motor selain aurat tetap terjaga juga mengurangi resiko kaki anda belang akibat terkena panas sinar matahari saat berkendara di siang hari.

6. Hindari Pemakaian Aksesoris Hijab Berlebihan

tips aman berkendara

Saat berkendara dengan sepeda motor pasti anda akan selalu menggunakan helm untuk keamanan. Bagi hijabers hindarilah pemakaian aksesoris hijab yang berlebihan terutama di bagian kepala seperti menggunakan cepol yang terlalu besar atau headpiece sebagai hiasan di kepala. Helm yang anda pakai saat naik motor akan menekan aksesoris yang menempel di kepala sehingga akan membuat terasa kurang nyaman. Jika tetap ingin memakai aksesoris sebaiknya anda gunakan sesaat setelah sampai ditujuan.

7. Membawa Hijab Dan Inner Pengganti

hijaber motor

Mengendarai sepeda motor di siang hari terutama saat musim panas artinya anda tidak akan terlindungi dari sinar matahari. Saat siang hari matahari bersinar sangat terik sehingga meskipun badan kita terkena angin namun bagian kepala akan tetap berkeringat. Menggunakan helm serta hijab membuat kulit kepala mudah berkeringat akibat panas, dan jika dibiarkan akan menyebabkan bau yang tidak sedap pada inner dan juga hijab anda. Oleh sebab itu sebaiknya anda membawa hijab dan inner pengganti saat berpergian dengan menggunakan sepeda motor.

Dengan mengikuti 7 tips naik motor hijaber cerdas di atas, semoga anda selalu waspada dalam perjalanan dan selamat sampai tujuan.